Home > Services > ISO 14001

 
 
 
 
 
 
 
 

ISO 14001


ISO 14001, sesuai dengan kesepakatan multilateral negara-negara didunia didalam KTT Bumi 1992 di Rio de Janeiro tentang Internasionalisasi Biaya Lingkungan sebagai bagian dari struktur ekonomi global, GATT (General Agreement on Trade & Tariffs) tentang produk manufaktur dan WTO (World Trade Organization) tentang produksi menyeluruh, ISO 14001 ditetapkan sebagai seperangkat standar lingkungan untuk produksi dan jasa. Sebagai bagian dari sistem manajemen lingkungan dengan kerangka kerja : Evaluasi kinerja aktif tentang pengelolaan lingkungan hidup didalam kawasan organisasi / perusahaan. Evaluasi dampak lingkungan yang diakibatkan oleh produk dan proses produksinya. Mengingat akan perhatian masyarakat dunia yang semakin besar terhadap aspek pelestarian lingkungan, kini semakin banyak perusahaan melakukan percepatan terhadap pemenuhan standar sistem ISO 14001.


ISO 14001 juga telah mengalami beberapa kali revisi. Versi terakhir saat ini adalah versi 2004, sehingga ditulis ISO 14001 : 2004. Dalam versi 2004 ini ISO 14001 menjadi semakin kompatible (sesuai) dengan kerangka ISO 9001.


BEBERAPA PERSYARATAN ISO 14001:2004


4.1 Persyaratan umum

Sebuah organisasi harus menetapkan, mendokumentasikan, menerapkan, dan terus meningkatkan mereka sistem manajemen lingkungan dan menunjukkan bagaimana mereka memenuhi semua persyaratan ini standar. Organisasi mendefinisikan lingkup EMS, yaitu batas-batas organisasi yang berlaku EMS.

 

4.2 Kebijakan Lingkungan

Organisasi harus memiliki kebijakan, atau pernyataan komitmen, yang dikembangkan oleh top relatif terhadap lingkup EMS yang sesuai dengan standar manajemen. Ini adalah umumnya sebuah pernyataan singkat yang mendorong sisa EMS. Ada khusus item yang harus berkomitmen dalam kebijakan, seperti kepatuhan terhadap hukum dan lainnya persyaratan, pencegahan pencemaran, dan perbaikan berkelanjutan. Selain itu, kebijakan harus dikomunikasikan kepada semua karyawan, dan lain-lain yang bekerja atas nama organisasi, dan akan tersedia untuk umum. Kebijakan ini menyediakan kerangka kerja untuk mengkaji tujuan dan sasaran dan sesuai dengan sifat dan skala entitas termasuk dalam ruang lingkup. Kebijakan ini harus didokumentasikan, diterapkan, dan dipelihara. Ini berarti bahwa itu disimpan saat ini melalui penelaahan EMS dan perbaikan berkelanjutan Proses, dan dilaksanakan melalui sisa elemen EMS.

 

 

Perencanaan-4.3.1 Aspek Lingkungan

Elemen ini memerlukan prosedur untuk mengidentifikasi aspek lingkungan dan dampak terkait bahwa organisasi dapat mengontrol atau memiliki pengaruh terhadap, dan menentukan orang-orang yang signifikan bagi organisasi. ISO 14001 tidak menetapkan apa aspek harus signifikan, atau bahkan bagaimana menentukan signifikansi. Namun, diharapkan bahwa proses yang konsisten dan dapat diverifikasi digunakan untuk menentukan signifikansi.

Aspek didefinisikan sebagai bagaimana kegiatan organisasi produk dan / atau jasa berinteraksi

dengan lingkungan. Dampak adalah bagaimana suatu aspek perubahan lingkungan. Tujuannya elemen ini adalah untuk membantu organisasi mengidentifikasi bagaimana hal itu mempengaruhi lingkungan, memprioritaskan aspek, dan menggunakan EMS untuk mengelola, mengendalikan, dan memperbaiki aspek. Jadi organisasi harus memastikan bahwa aspek penting diperhitungkan dalam EMS. Dalam rangka untuk memastikan bahwa sistem ini terus membaik dan saat ini, informasi ini harus terus up to date.

 

4.3.2 Persyaratan hukum dan lainnya

Ini merupakan persyaratan untuk prosedur yang menjelaskan bagaimana organisasi memperoleh informasi mengenai hukum dan persyaratan lainnya, dan membuat informasi yang diketahui fungsi kunci dalam organisasi. Tujuan dari elemen ini adalah untuk mengidentifikasi persyaratan hukum dan lainnya lingkungan yang berkaitan dengan operasi dan kegiatannya sehingga organisasi dapat memastikan bahwa mereka diperhitungkan di EMS. Dengan demikian, organisasi juga harus menentukan bagaimana persyaratan tersebut berlaku terhadap aspek signifikan.

 

4.3.3 Tujuan, Sasaran, dan Program

Tidak ada persyaratan untuk prosedur dalam elemen ini. Namun, harus ada beberapa Proses yang menjamin bahwa tujuan dan sasaran yang konsisten dengan kebijakan yang termasuk komitmen untuk mematuhi persyaratan hukum dan lainnya, terus menerus perbaikan, dan pencegahan pencemaran. Juga, organisasi harus memperhitungkan pertimbangan yang signifikan aspek, persyaratan hukum dan lainnya, pandangan tertarik pihak, dan teknologi, keuangan, dan isu-isu bisnis ketika memutuskan apa yang ingin mencapai sebagai tujuan. Tujuan dan sasaran harus ada pada apapun fungsi dan tingkat organisasi, dan dapat diukur, bila memungkinkan. Manajemen program (anggota parlemen) adalah rencana rinci dan program menjelaskan bagaimana tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Ini anggota parlemen biasanya dicatat bertanggung jawab personil, tonggak dan tanggal, dan pengukuran keberhasilan. Memperhatikan pemantauan dan

pengukuran parameter langsung di MP memfasilitasi sesuai dengan 4.5.1 Monitoring  pengukuran dan dibahas di bawah ini. Anggota parlemen yang diperlukan untuk tujuan dan sasaran dalam EMS.

 

4.4.1 Struktur dan Tanggung Jawab

ISO 14001 mensyaratkan bahwa struktur manajemen dan pertanggungjawaban yang relevan didefinisikan dalam elemen ini. Manajemen puncak diharapkan untuk memastikan bahwa sumber daya yang tersedia sehingga bahwa EMS dapat diterapkan, dipelihara, dan ditingkatkan. Sumber daya ini mencakup sumber daya manusia, struktur organisasi, sumber daya keuangan dan teknologi, dan lain yang diperlukan. Peran, tanggung jawab, dan kewenangan harus didefinisikan, didokumentasikan dan dikomunikasikan yang sesuai. Organisasi harus menunjukkan Perwakilan Manajemen yang bertanggung jawab untuk mengawasi EMS dan melaporkan kepada manajemen pada operasinya. Ini orang (s) memastikan bahwa EMS ditetapkan, diterapkan dan dipelihara sesuai dengan ISO 14001, dan juga laporan kepada manajemen puncak mengenai kinerja sistem termasuk rekomendasi untuk perbaikan.

 

4.4.2 Kompetensi, Pelatihan, dan Kesadaran

Titik kunci dalam elemen ini adalah untuk memastikan bahwa orang-orang yang melakukan tugas-tugas yang telah atau dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan dan / atau berhubungan dengan hukum dan lainnya persyaratan kompeten untuk melakukan tugas-tugas. Kompetensi dijamin melalui sesuai pendidikan, pelatihan, dan / atau pengalaman. Organisasi harus mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang berkaitan dengan EMS, aspek yang signifikan, dan persyaratan hukum dan lainnya dan pastikan pelatihan ini adalah disediakan (catatan tersebut harus dipertahankan). Suatu prosedur yang diperlukan yang memastikan orang tersebut adalah: sadar akan kebutuhan untuk menyesuaikan dengan semua prosedur dan EMS

persyaratan dan apa yang mereka perlu lakukan khusus untuk melakukannya, aspek signifikan dan hukum dan persyaratan lain yang berhubungan dengan tanggung jawab masing-masing dan mengapa peningkatan kinerja yang menguntungkan, dan konsekuensi dari tidak mengikuti prosedur dan persyaratan. Di samping pekerjaan-pengetahuan khusus, diharapkan bahwa semua

personil dalam EMS (termasuk kontraktor) memiliki kesadaran umum tentang barang-barang seperti sebagai kebijakan dan tanggap darurat.

 

4.4.3 Komunikasi

Prosedur yang diperlukan untuk komunikasi baik internal maupun eksternal. Perhatikan bahwa ISO 14001 hanya membutuhkan prosedur, dan memungkinkan organisasi untuk memutuskan sendiri tingkat keterbukaan dan pengungkapan informasi. Apapun keputusan adalah dalam hal

pengungkapan, proses pengambilan keputusan harus dicatat. Ada persyaratan tertentu yang organisasi mempertimbangkan komunikasi eksternal mengenai lingkungan yang signifikan aspek dan merekam keputusannya. Untuk komunikasi internal, prosedur perlu menjelaskan bagaimana hal itu dilakukan di antara tingkat organisasi. Untuk komunikasi eksternal, ia harus menjelaskan bagaimana eksternal komunikasi diterima, didokumentasikan, dan respon yang disediakan.

 

4.4.4 EMS Dokumentasi

Persyaratan ini memastikan bahwa organisasi telah mendokumentasikan sistem dalam baik elektronik atau kertas bentuk sedemikian rupa sehingga membahas unsur-unsur dari standar, menggambarkan bagaimana organisasi sesuai dengan setiap elemen, dan memberikan arahan kepada terkait dokumentasi. Tidak semua ISO 14001-prosedur yang diperlukan perlu didokumentasikan, selama sebagai persyaratan sistem dapat diverifikasi. Namun, dokumentasi harus disediakan seperti cukup yang tersedia untuk memastikan perencanaan, operasi, dan pengendalian proses yang terkait dengan aspek signifikan, dan untuk menunjukkan kesesuaian dengan ISO 14001. Dokumentasi tersebut minimal meliputi kebijakan, tujuan dan sasaran, yang

definisi ruang lingkup EMS, dan elemen utama lainnya.

 

4.4.5 Pengendalian Dokumen

Organisasi ini diperlukan untuk mengontrol dokumen, seperti prosedur sistem dan bekerja petunjuk, untuk memastikan bahwa versi saat ini didistribusikan dan versi usang yang dihapus dari sistem. Ada persyaratan untuk prosedur pengendalian dokumen yang dokumen memastikan disetujui sebelum digunakan, ditinjau dan diperbarui sesuai kebutuhan, perubahan versi diidentifikasi, bahwa versi saat ini tersedia di tempat penggunaan, bahwa mereka dibaca, diidentifikasi, dan bahwa yang usang begitu diperhatikan untuk menghindari yang tidak diinginkan gunakan. Hal ini dapat diterima untuk menggunakan dokumen asal internal di EMS, tetapi mereka harus diidentifikasi sebagai penting untuk EMS dan distribusinya dikendalikan.

 

4.4.6 Pengendalian Operasional

Untuk elemen ini, fungsi penting berkaitan dengan kebijakan, aspek signifikan, hukum dan persyaratan lainnya, dan tujuan dan sasaran diidentifikasi dan prosedur dan bekerja petunjuk yang diperlukan untuk memastikan pelaksanaan yang tepat dari kegiatan. Persyaratan untuk mengkomunikasikan persyaratan sistem yang berlaku untuk kontraktor juga perlu diperhatikan dalam prosedur.


Prosedur yang diperlukan perlu memberikan instruksi tersebut bahwa organisasi sesuai  dengan tujuan kebijakan, dan sasaran, persyaratan hukum dan lainnya, dan alamat setiap dampak dari aspek yang signifikan. Yang prosedur yang dibutuhkan dapat ditentukan dengan penelaahan terhadap aspek signifikan, objek dan sasaran, persyaratan hukum dan lainnya, dan kebijakan dan kemudian memutuskan apa yang harus proceduralized dan didokumentasikan untuk memastikan bahwa penyimpangan dari pengaturan yang direncanakan tidak terjadi.


Dalam kaitan dengan kontraktor, organisasi akan perlu untuk menetapkan prosedur yang terkait dengan yang signifikan aspek persyaratan hukum dan lainnya, barang dan jasa yang menggunakan, dan mengkomunikasikan elemen yang relevan dari prosedur tersebut kepada pemasok dan kontraktor.

 

4.4.7 Kesiapsiagaan dan Respon Darurat

Meskipun biasanya ditangani melalui rencana tanggap darurat konvensional, ini Elemen juga mensyaratkan bahwa proses ada untuk benar-benar mengidentifikasi potensi keadaan darurat, selain perencanaan dan mengurangi mereka. Insiden darurat meliputi mereka yang tidak dapat diatur, tetapi masih dapat menyebabkan dampak yang signifikan seperti yang didefinisikan oleh

organisasi. Sebagai bagian dari perbaikan berkelanjutan, diperlukan bahwa organisasi tidak  hanya merespon situasi darurat, tetapi juga meninjau prosedur darurat dan membuat perbaikan seperlunya. Ini mungkin melibatkan pengujian berkala prosedur darurat, jika memungkinkan.

 

4.5.1 Pemantauan dan Pengukuran

Dalam rangka untuk benar mengelola sistem, pengukuran harus diambil dari kinerjanya untuk menyediakan data untuk tindakan. Prosedur yang diperlukan menggambarkan bagaimana organisasi akan memantau dan mengukur parameter kunci operasi. Parameter ini berhubungan dengan operasi yang dapat memiliki dampak yang signifikan, untuk memantau kinerja terhadap

tujuan dan sasaran, dan untuk memonitor kesesuaian dengan persyaratan hukum dan lainnya dan lainnya EMS persyaratan. Peralatan yang berhubungan dengan pengukuran lingkungan, seperti suhu dan pH meter dan alat pengukur tekanan, harus dikalibrasi sesuai dengan prosedur, dan rekamannya dipelihara.

 

4.5.2 Evaluasi Kepatuhan

Bagian pertama dari elemen ini (4.5.2.1) membutuhkan organisasi untuk memiliki prosedur (s) untuk berkala mengevaluasi kepatuhan dengan persyaratan hukum yang berlaku sebagaimana dimaksud dalam 4.3.2. Organisasi harus menyimpan catatan dari evaluasi berkala. ISO 14001 pada 4.5.2.2 juga membutuhkan evaluasi yang sama untuk mematuhi lainnya persyaratan. Sekali lagi ini didefinisikan dalam 4.3.2 dan prosedur bisa sama, dan bahkan bagian dari, 4.5.2.1.

 

4.5.3 Ketidaksesuaian, Tindakan Perbaikan dan Pencegahan

Elemen ini memerlukan prosedur untuk bertindak atas ketidaksesuaian yang diidentifikasi dalam sistem, termasuk tindakan korektif dan pencegahan. A-non kesesuaian adalah situasi di mana kondisi yang sebenarnya tidak sesuai dengan kondisi yang direncanakan. Seseorang tidak mengikuti prosedur, peraturan non-kepatuhan, atau insiden, adalah semua contoh mungkin sistemik ketidaksesuaian.


Ketidaksesuaian dapat diidentifikasi melalui audit, pemantauan dan pengukuran, dan komunikasi. Tujuannya adalah untuk memperbaiki Sistem kekurangan dengan mengatasi akar penyebab, bukan hanya memperbaiki insiden langsung saja. Standar ini juga mensyaratkan bahwa kecenderungan tindakan korektif dievaluasi untuk melihat apakah tindakan pencegahan yang lebih dalam-berakar juga dapat diimplementasikan.


Prosedur perlu memastikan ketidaksesuaian tidak hanya pertama ditujukan kepada mengurangi dampak lingkungan, tetapi penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan terjadi mereka menyebabkan, dan tindakan yang diambil untuk menghindari hal itu terjadi lagi.


Tindakan preventif kemudian akan tindakan-tindakan yang dihasilkan dari evaluasi seperti mengapa ketidaksesuaian yang terjadi dan mengambil tindakan untuk mencegah kekambuhan mereka. Standar menyatakan bahwa tindakan korektif sesuai dengan besarnya masalah dan dampak yang dihadapi, untuk menghindari salah over-kompensasi atau di bawah-mengkompensasi masalah.


Organisasi harus merekam hasil dari tindakan korektif yang diambil, dan juga harus meninjau keefektifan tindakan yang diambil

 

4.5.4 Pengendalian Rekaman

Rekaman diharapkan ada untuk melayani sebagai verifikasi dari sistem operasi dan organisasi sesuai dengan standar dan persyaratan sendiri EMS. Prosedur dalam elemen ini diperlukan untuk pemeliharaan catatan, dan secara khusus mengharuskan catatan diidentifikasi, dpt, aman disimpan, dan dapat dibaca, dipertahankan sesuai, dan dilacak.

 

4.5.5 Audit Internal

ISO 14001 mensyaratkan bahwa sistem menyediakan untuk audit internal. Prosedur ini bisa termasuk metodologi, jadwal, daftar dan bentuk, dan proses yang digunakan untuk melakukan audit. Tujuan dari audit ini adalah untuk menentukan apakah sistem sesuai dengan persyaratan ISO 14001 dan organisasi sendiri EMS persyaratan rinci, dan jika EMS telah dilaksanakan dan dipelihara. Prosedur untuk internal audit harus mengatasi tanggung jawab dan persyaratan untuk perencanaan dan pelaksanaan audit, pelaporan hasil, dan apa catatan akan dihasilkan (dan dipelihara sesuai dengan 4.5.4). Prosedur ini juga membahas penentuan ruang lingkup audit, bagaimana sering mereka akan dilakukan, dan khususnya bagaimana mereka akan dilakukan.

Auditor perlu dipilih sedemikian rupa sehingga menjamin objektivitas dan ketidakberpihakan dari audit proses.

 

4.6 Management Review

Elemen ini mensyaratkan bahwa secara berkala, manajemen puncak akan meninjau EMS untuk memastikan beroperasi seperti yang direncanakan, dan cocok, memadai, dan efektif. Organisasi perlu untuk memastikan bahwa dalam review: Hasil audit internal (EMS dan kepatuhan); eksternal komunikasi, kinerja lingkungan, status pada tujuan dan sasaran; status tindakan perbaikan dan pencegahan; menindaklanjuti tindakan dari tinjauan manajemen sebelumnya; dan perubahan kondisi atau situasi, dan rekomendasi untuk perbaikan semua dibahas. Hasil dan catatan tinjauan manajemen meliputi: agenda, catatan kehadiran, menit, dan didokumentasikan disepakati item tindakan


QPI consulting membantu anda mewujudkan harapan anda dalam menerapkan dan memenuhi persyaratan ISO 14001:2004




 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
QPI Consulting