Home > Services > 5S

 
 
 
 
 
 
 
 

5S

 

5S berasal dari budaya jepang yang diterapkan dalam lingkungan perusahaan dan mampu menarik perhatian dunia sehingga kini dipercaya sebagai metoda yang ampuh untuk merubah prilaku pekerja melalui perubahan tempat kerja. Seiri = Pemilahan, Seiton = Penataan, Seiso = Kebersihan, Seiketsu = Standarisasi, Shitsuke = Kedisiplinan




Dalam iklim perusahaan berbahasa Inggris 5S sering di istilahkan dengan Sort = Seiri = Create tidiness, Set in order = Seiton = Rigth place, Shine = Seiso = Clean lineness, Standardize Sustain = Seiketsu = Organization, Sustain = Shitsuke = Dicipline




Selanjutnya dalam perusahaan yang berusaha menciptakan budaya berbahasa Indonesia 5S sering di istilahkan dengan 5R atau 5T; Ringkas  = Seiri = Terpilah, Rapi = Seiton = Tertata,  Resik = Seiso = Tercuci,   Rawat = Seiketsu = Teratur, Rajin = Shitsuke = Terus-menerus


Manusia sering terpengaruh oleh lingkungannya. Amat sulit untuk tidak terpengaruh oleh lingkungan yang apalagi tiap hari dia berada disitu. Jika pimpinan perusahaan atau Supervisor melihat prilaku atau budaya kurang baik dari bawahannya, maka yang pertama harus dia sadari adalah apakah lingkungan fisik yang ada disitu telah menjadi sebab atas prilaku orang-orang yang ada didalamnya.


Ruangan yang Berantakan, Benda-benda tidak tertata, Ruangan dan perkakas kotor, Ruangan bising, Panas, Kumuh, Banyak orang berlalu lalang disitu (menjadi jalur lalu lintas orang), dan Benda-benda yang tidak terawat ... dan seterusnya ... tentu anda bisa membayangkan ini akan menciptakan manusia yang seperti apa? dan sikap kerja yang seperti apa? mungkin pekerja anda akan lebih banyak menambah kotor dan berantakannya ruangan, mungkin mereka lebih banyak ngobrol dari pada tekun bekerja, mungkin mereka akan lebih suka pulang kerumah  atau mencari tempat yang lebih nyaman ketimbang berada dalam ruangan mereka sendiri. Akibatnya tentu Supervisor akan sulit mengatur gerak bawahannya dan memberi agenda kerja yang tepat waktu, dan/atau apalagi berkualitas.


Pimpinan atau supervisor mungkin sudah sering menasehati agar karyawannya melakukan perubahan sikap dan prilaku kerja mereka. Namun barangkali Supervisor tidak mempunyai ide bahwa perubahan sikap dan prilaku kerja bisa dimulai dari perubahan lingkungan tempat kerja. Tentu saja merubah tempat kerja akan lebih mudah dari pada merubah orang. Setelah itu mungkin saja ada faktor dimana nasehat pimpinan tidak begitu saja membuat mereka mengerti dan sadar, atau tidak memberi sentuhan baru yang menyegarkan semangat untuk berubah. Untuk itulah diperlukan kehadiran orang lain yang memiliki pengetahuan, skill dan pengalaman 5S untuk bisa menjelaskan dan membimbing mereka untuk melakukan perubahan tempat kerja mereka sendiri secara sukarela, tidak merasa ditekan, tidak hanya hari itu, dan yang terpenting merasa gembira dan tumbuh semangat kerja baru yang menguntungkan semua fihak.


Melalui pelatihan oleh konsultan 5S kami yang memiliki  pengetahuan, skill dan pengalaman di perusahaan, para karyawan akan merasa tidak seperti digurui untuk merubah lingkungan tempat kerjanya. Untuk itulah kehadiran dan kerjasama fihak perusahaan dengan kami dibutuhkan. Melalui program refreshment training, para karyawan akan merasa dihargai untuk diberikan ilmu baru yang mencerahkan. Ilmu, skill dan sertifikat tentu akan menjadi daya tarik bagi mereka. Selanjutnya perubahan tempat kerja, perubahan prilaku kerja, dan semangat kerja yang baru tentu akan memberi pertambahan nilai positif untuk perusahaan.


Segera hubungi nomor kontak kami. Anda akan dapatkan sesuatu yang bernilai dengan harga yang kompetitif, tidak memberatkan.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
QPI Consulting