Selamat datang di website kami 'qpiconsulting.com'
Anda berada di: Home > ARTIKEL > Siklus PDCA

Siklus PDCA

Siklus PDCA (Plan-Do-Check-Action) adalah siklus logis sebuah aktifitas. Tidak logis ketika tidak PDCA. PDCA yang dilakukan berkesinambungan disebut Continual Improvement. Dalam bahasa Indonesia sering di terjemahkan dengan RKCT (Rencanakan - Kerjakan - Cek - Tindaklanjuti) atau RLPT (Rencanakan - Lakukan - Periksa - Tindaki) adalah langkah-langkah manajerial yang harus dilakukan ketika ingin melakukan aktifitas tertentu. 

Plan adalah merencakan suatu. Biasanya dengan memperhitungkan 5W1H (What, Why, When, Where, Who, How) atau Apa, Kenapa, Kapan, Dimana, Siapa, Bagaimana. Termasuk yang perlu diperhitungkan lainnya adalah : Cost (biaya), Benefit (keuntungan), Loss (kerugian). Perencanaan mencakup rencana aktifitas untuk mencapai target tertentu, atau rencana untuk menetapkan target, atau perencanaan lainnya. Semakin baik perencanaaan semakin baik hasilnya. Ada banyak management tools yang bisa digunakan untuk melakukan perencanaan. Setiap bagian merencanakan aktifitasnya masing-masing. Metoda terbaru dalam perencanaan adalah Risk Base Thinking (pemikiran berbasis resiko)

Do adalah melaksanakan apa yang sudah direncanakan sesuai dengan perencanaan yang dilakukan, baik Orang, Waktu, Tempat, Biaya dan sebagainya. Pelaksanaan aktifitas membutuhkan sumberdaya yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan aktifitas tertentu. Pelaksanaan bisa dilakukan sendiri atau menggunakan sumberdaya dari luar (outsourcing

Check adalah memonitor, mengukur, menilai, dan mengevaluasi pelaksanaan dari kegiatan. Apakah sudah sesuai dengan rencana? Apakah ada masalah yang timbul diluar dugaan? Apakah tidak mencapai target karena perencanaan yang kurang tepat? Check termasuk didalamnya Audit. Kegiatan check ini menghasilkan data yang berguna sebagai alat evaluasi. Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mengumpulkan data atau untuk mengevaluasi data dalam rangka problem solving. Diantaranya Fishbond diagram yang merupakan bagian dari 7 QC tools . atau tools lainnya

Action adalah tindakan setelah mendapatkan data. Action mencakup kegiatan membuat dan melakukan CAPA atau Correction, Corrective action dan Preventive action . Termasuk juga kegiatan merevisi SOP dan standard. 

HUBUNGI KAMI

ANITA RUFAIDA

Telp / Whatsapp : 085155030740

Email : admin@qpiconsulting.com

 

HENDRO NUR PRASETYO

Telp / Whatsapp : 085864412868

Email : hendro@qpiconsulting.com

 

Alamat:
Jl. Kebon kacang 46 No.9 Tanah Abang, Jakarta Pusat

Jl. Kadudampit km.2 Ds. Sukasari No.46, Cisaat, Sukabumi

CONTACT BUTTON

Jika anda sedang menggunakan handphone bisa klik dibawah ini



INFORMASI 

 SURAT PENAWARAN & KONTRAK

 SURAT PENAGIHAN & KUITANSI

 PERTANYAAN

 PERTEMUAN

Powered by CMSimple

nach oben
Jasa website